Kabar Baik, Komputer Lawas juga Bisa Pakai Windows 11

LIMAPAGI - Microsoft telah mengumumkan kehadiran sistem operasi Windows 11. Kabar baiknya, perusahaan akan mengizinkan pengguna komputer (Personal Computer/PC) model lawas untuk bisa mengunduhnya juga.

Para pengguna komputer lama dengan Central Processing Unit (CPU) lama yang tidak lulus uji pemutakhiran, secara resmi masih dapat mengunduh file ISO Windows 11 dan menginstal OS secara manual.

Baca Juga: Durasi Video TikTok Bakal Diperpanjang, Bisa Sampai 5 Menit

Dengan demikian, generasi CPU tidak menjadi syarat utama untuk mengunduh Windows 11. Paling penting, pengguna memiliki prosesor 1GHz 64-bit dengan dua atau lebih inti, RAM 4GB, dan penyimpanan 64GB.

Melansir dari The Verge, Sabtu, 28 Agustus 2021, untuk CPU Zen 1 secara resmi diumumkan tidak akan mendukung pembaruan Windows 11.

"Setelah menganalisis dengan cermat prosesor AMD Zen generasi pertama dalam kemitraan dengan AMD, bersama-sama kami menyimpulkan bahwa tidak ada penambahan pada daftar CPU yang didukung (untuk Windows 11),” ujar tim Microsoft dalam unggahan di blog resminya.

Guna memastikan setiap PC pengguna dapat ditingkatkan ke Windows 11, Microsoft juga memperbarui aplikasi pemeriksa kesehatan PC (PC Health Check).

Baca Juga: Bikin Laporan Pakai Google Sheets Semakin Mudah

Aplikasi pemeriksa PC baru akan memberi tahu pengguna Windows jika mereka hanya perlu mengaktifkan Boot Aman atau TPM 2.0 untuk pembaruan.

Di samping itu, Microsoft juga mengubah persyaratan sistem minimumnya untuk memasukkan lebih banyak prosesor. Intel Core X-series dan Xeon W-series sekarang akan secara resmi didukung untuk upgrade Windows 11, bersama dengan chip Intel Core 7820HQ yang ada di dalam Surface Studio 2.

KABAR LAINNYA