Pengamat Optimis Megawati Bakal Usung Ganjar di Pilpres 2024

LIMAPAGI - Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) Ari Junaedi optimis Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, bakal mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres 2024.

Hal tersebut disampaikan Ari berdasarkan elektabilitas Ganjar yang semakin meroket berdasarkan hasil sejumlah lembaga survei.

“Dalam injury time saya yakin pada akhirnya Megawati Soekarnoputeri akan menjatuhkan pilihannya kepada kader terbaiknya yang berpeluang menang,” kata Ari kepada Limapagi.id, Kamis, 6 Januari 2022.

“Dengan kebijakan dan insting politiknya yang tajam, Megawati akan menjatuhkan rekomendasi kepada Ganjar,” sambungnya.

Baca Juga: Survei SMRC: Prabowo Teratas Dipepet Ganjar, Elektabilitas Ada yang Stagnan

Ari ini menilai, Ganjar sangat berpeluang besar didukung partainya sendiri karena Ganjar adalah kader tulen partai. Ganjar, kata Ari, menjadi kader bukan saat menjadi gubernur atau terpilih menjadi anggota DPR.

“Ganjar ikut membesarkan PDIP dari awal berdirinya. Ikut berjuang dari bawah dan melawan rezim tiran Orde Baru yang represif,” ujar Ari.

Tak hanya itu, masih kata Ari, dalam hal jejak kepimpinan di masyarakat, kinerja Ganjar sangat dirasakan warga. Kebijakan yang dibuat juga tidak pernah mengundang kontroversi di publlik.

“Pemanfaatan media sosial yang efektif sangat menunjang kemonceran Ganjar di blantika framing dan komunikasi politik,” tuturnya.

Direktur Eksekutif Nusakom Pratama ini menambahkan, jika Ganjar sudah mendapatkan rekomendasi dari partai berlambang moncong banteng tersebut, bukan tidak mungkin dukungan juga akan datang dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang juga merupakan kader PDIP.

“Saya kira Jokowi akan mengendorse Ganjar ke parpol-parpol lain jika PDIP telah merekomendasikan nama Ganjar sebagai capres. Tentu Jokowi sebagai kader PDIP akan berbuat terbaik untuk PDIP dan pelanjutnya. Jokowi berkepentingan agar Nawacita bisa diteruskan penggantinya,” kata pria lulusan S3 komunikasi politik UI ini.

Baca Juga: Survei Populi Center soal Capres 2024: Ganjar Pranowo Ungguli Puan Maharani

Sebelumnya, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbarunya terkait elektabilitas capres 2024. Hasilnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi sosok capres paling potensial pada Pilpres 2024 mendatang.

Dalam hasil simulasi terbuka 43 nama capres, Ganjar mendapat dukungan terbesar sebanyak 27,9 persen, disusul Prabowo Subianto 15,1 persen, dan terakhir Anies Baswedan 14,7 persen.

Sedangkan jika jumlah survei dikurangi 15 nama, Ganjar unggul 32,2 persen, Prabowo 17 persen, dan Anies 16,3 persen.

Fitang Budhi Adhitia
Fitang Budhi Adhitia

Fitang Budhi Adhitia is a news editor with 7 years of experience overseeing and analyzing news. Some of the experiences are production assistant for Inews TV and also news reporter for detik.com and IDN Times. Fitang specializes in political news and is responsible for deciding the priority and importance of news articles

KABAR LAINNYA