Putin Sindir 20 Tahun AS di Afghanistan: Hasilnya Hanya Tragedi

LIMAPAGI - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan, intervensi militer Amerika Serikat (AS) di Afghanistan tidak menghasilkan apa-apa. Hal itu dia ungkapkan saat berbicara kepada para remaja di sebuah fasilitas pendidikan di Rusia Timur.

Putin menjelaskan, dia menganggap pendekatan AS ke negara yang pernah diinvasi oleh Uni Soviet itu sangat cacat.

“Pasukan AS hadir di wilayah ini selama 20 tahun, dan selama 20 tahun mencoba untuk membudayakan orang-orang yang tinggal di sana, untuk menanamkan norma dan standar hidup mereka sendiri dalam arti seluas mungkin, termasuk ketika datang ke organisasi politik masyarakat,” kata Putin dilansir dari Al Jazeera, Rabu, 1 September 2021.

“Hasilnya hanya tragedi dan hilangnya nyawa bagi mereka yang melakukannya, Amerika Serikat, dan terlebih lagi bagi orang-orang yang tinggal di wilayah Afghanistan. Hasilnya adalah nol," ujar Putin lagi.

Baca Juga: Joe Biden: Perang 20 Tahun di Afghanistan Sudah Berakhir

Sementara itu, Kepala keamanan Rusia menjelaskan, mereka sangat khawatir tentang potensi ketidakstabilan ke Asia Tengah, kemungkinan penyusupan pejuang garis keras ke wilayah yang lebih luas termasuk Rusia, dan produksi obat-obatan Afghanistan.

Putin sebelumnya mengatakan, bahwa Moskow telah belajar dari peristiwa Uni Soviet di Afghanistan dan tidak memiliki rencana untuk mengerahkan pasukan di sana. Dia tetap mempertimbangkan sejarah, budaya, dan filosofi hidup orang-orang Afghanistan.

“Tidak mungkin untuk memasukkan apa pun pada mereka dari luar,” kata Putin.

Baca Juga: Taliban: Afghanistan Memperoleh Kemerdekaan Penuh!

Taliban telah merayakan penarikan pasukan NATO yang dipimpin AS setelah 20 tahun perang. Perayaan kemenangan itu dilakukan dengan mengatakan bahwa Afghanistan akhirnya adalah negara yang bebas dan berdaulat.

Presiden AS Joe Biden sebelumnya mengatakan, penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan adalah pilihan terbaik yang tersedia baginya untuk mengakhiri kampanye militer terpanjang negara itu.

Axel Joshua Halomoan Raja Harianja
Axel Joshua Halomoan Raja Harianja

Axel joined Limapagi.id since March 2021. Axel has duties as a reporter and assistant editor.

At Limapagi.id, Axel focuses on handling national issues, especially law issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.