Update Terbaru! Daftar Wisata Pendakian Gunung yang Tutup Sementara

LIMAPAGI - Beberapa gunung di Indonesia mengumumkan penutupan pendakian mereka dalam beberapa waktu ke depan. Ada beberapa alasan penutupan dilakukan yakni akibat lokasi gunung yang berada di zona merah Covid-19 dan ada pula yang dikarenakan aktivitas dari gunung itu sendiri yang dinilai tidak aman.

Berikut lima gunung di Indonesia yang melaporkan penutupan sementara untuk jalur pendakian. Melansir dari media sosial mereka, inilah kelima gunung tersebut.

Gunung Merbabu

(Instagram/@btn_gn_merbabu) Gunung Merbabu tutup mulai hari ini

Gunung Merbabu memiliki beberapa jalur pendakian. Bisa lewat Suwanting yang berada di wilayah Magelang, bisa juga lewat Boyolali dan Semarang. Namun sayangnya, semua jalur pendakian tersebut harus ditutup lantaran ketiganya masuk dalam zona merah Covid-19.

Penutupan ini berlaku mulai hari ini, 29 Juni 2021 sampai dengan perbaikan status pada risiko epidemiologi Covid-19. 

“Demi keselamatan pendaki dan local host serta untuk mencegah persebaran COVID-19, maka Jalur Pendakian TN Gunung Merbabu ditutup sampai membaiknya status. Terkait dengan hal tersebut, maka bagi #SobatMerbabu yang sudah mendapatkan kode booking sampai dengan Bulan Juli tidak dapat digunakan,” tulisnya dalam caption Instagram, yang dikutip Selasa, 29 Juni 2021.

Gunung Baluran

Gunung Baluran merupakan salah satu gunung kecil yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Baluran, Sitobondo, Jawa Timur. Bisa dibilang, gunung ini berdiri di ujung pulau Jawa paling timur. 

Berada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran, gunung ini kena imbas dari penutupan sementara. Berdasarkan Surat Edaran Nomor 412/T.37/TU/KSA.1/6/2021 tentang Perpanjangan Penutupan Kunjungan Wisata pada Objek Dan Daya Tarik Wisata Alam Taman Nasional Baluran maka Gunung Baluran akan ditutup hingga 5 Juli 2021.

Gunung Kelimutu

(Instagram/@btn_kelimutu) Gunung Kelimutu ditutup hingga 9 Juli 2021

Tak hanya penutupan pendakian gunung kawasan Pulau Jawa, gunung Kelimutu yang berada di NTT juga ditutup. Gunung yang menjadi tempat wisata andalan NTT karena menawarkan pemanangan dan keunikannya ini melakukan penutupan dari tanggal 26 Juni – 9 Juli 2021. 

“Sobat Kelimutu, Mimin kembali ingatkan bahwa mulai hari ini tanggal 26 Juni 2021 sampai tanggal 9 Juli 2021 Kelimutu melakukan PENUTUPAN KUNJUNGAN WISATA selama 14 ( empat belas ) hari,” tulisnya di Instagram.

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan yang berada di Kabupaten Garut ini merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Jawa Barat. Gunung yang difavoritkan para pendaki pemula ini, sayangnya harus tutup dari yang tanggal 27 Juni 2021 sampai batas waktu yang belum ditentukan. 

Gunung Merapi

Terakhir, ada Gunung Merapi yang juga ditutup. Gunung yang masih aktif ini masuk dalam beberapa wilayah di Pulau Jawa,. Lereng sisi selatan masuk Yogyakarta, sisi barat masuk Magelang, sisi utara dan timur masuk Boyolali, serta sisi tenggara yang masuk Klaten. 

Keberadaan lokasinya ini membuat Gunung Merapi harus ditutup karena semua wilayah lereng tersebut masuk dalam zona merah Covid-19. Selain itu, juga dikarenakan adanya potensi bahaya berupa guguran lava dan awanpanas. 

Untuk itu, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi merekomendasikan agar pelaku wisata tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi. 

Sara Agustriana
Sara Agustriana

Reporter for the Lifestyle Channel at Limapagi.id

Sara focuses about travel dan food. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post