Lonjakan Covid-19 Bikin Faskes Tak Optimal, Kemenkes Siapkan 3 Solusi

LIMAPAGI - Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Siti Nadia Tarmizi, mengatakan lonjakan kasus Covid-19 membuat fasilitas kesehatan (faskes) menjadi tidak optimal.

“Meski, sudah ditambah fasilitas perawatan untuk pasien Covid-19,” ujar Nadia, dalam diskusi secara daring bertajuk “Varian Baru Covid-19 Menyebar di Indoneisa, Pemerintah Kecolongan?” Selasa, 29 Juni 2021.

Menanggapi persoalan ini, Nadia menyampaikan langkah pertama yang dilakukan pihaknya adalah mengurai penumpukan pasien, terutama di ruang gawat darurat.

“Kedua, mencoba melakukan konversi seperti yang telah dilakukan tiga rumah sakit besar di bawah naungan Kemenkes, menjadi sepenuhnya melayani pasien Covid-19,” ucapnya.

Kemenkes pun meminta, khususnya kepada pemerintah daerah atau kabupaten dan kota untuk melakukan hal serupa.

“Jadi, kalau di Kota bekasi yang saat ini RSUD-nya sudah penuh, kita minta pemerintah setempat segera melakukan koordinasi dengan seluruh RS di Bekasi,” tutur dia.

Hal tersebut, sambungnya, untuk mengidentifikasi RS setempat supaya mengonversi ruang perawatan, terutama ruang perawatan intensifnya disiapkan demi melayani pasien Covid-19.

Namun, harus tetap ada pembagian di berbagai rumah sakit yang tetap melayani pasies non-Covid-19. 

“Ini tidak terbatas untuk faskes pemerintah. Namun, juga untuk faskes swasta. Di sisi lain, penambahan tempat isolasi harus dilakukan pula,” tegas Nadia.

Ia bependapat, penambahan tempat tidur untuk kasus berat maupun intensif juga bisa menjadi solusi. Caranya dengan mengonversi 40 persen dari seluruh total tempat perawatan yang ada di suatu daerah.

Ahmad Muhajir
Ahmad Muhajir

Graduated from the Institute of Social and Political Sciences (IISIP), majoring in Political Science.

With a minimum of 6 years experiences as a journalist and freelance writer, he really cares about improving the quality of life of the community.

His previous works cover a wide range of topics such as science, technology, public policy, sports, gaming, or e-Sports.

Now at limapagi.id, Ajir is a reporter who focuses on national issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post