Taliban Siap Kerja Sama Semua Negara, tapi Ogah dengan Israel

LIMAPAGI - Juru bicara Taliban Suhail Shaheen mengatakan, pihaknya siap menjalin hubungan dengan Washington yang melayani kepentingan Afghanistan dan Amerika Serikat (AS). Tak hanya itu, Taliban akan menyambut kemungkinan keterlibatan AS dalam rekonstruksi di Afghanistan.

“Ya, tentu saja, dalam babak baru jika Amerika ingin memiliki hubungan dengan kami, yang bisa menjadi kepentingan kedua negara dan kedua belah pihak. rakyat, dan jika mereka ingin berpartisipasi dalam rekonstruksi Afghanistan, mereka dipersilakan," kata Shaheen dilansir dari Sputnik News, Rabu, 8 September 2021.

Baca Juga: Taliban Umumkan Pemerintahan Baru Afghanistan

Namun, Taliban tidak ingin menjalin hubungan dengan Israel. Kendati begitu, mereka ingin mempertahankan dialog dengan semua negara tetangga Israel.

"Tentu saja, kami tidak akan memiliki hubungan dengan Israel. Kami ingin memiliki hubungan dengan negara lain, Israel tidak termasuk di antara negara-negara ini," ucap dia.

"Kami ingin memiliki hubungan dengan semua negara regional dan negara tetangga serta negara-negara Asia," tambah Shaheen.

Baca Juga: Afghanistan Buka Kembali Penerbangan Domestik Usai Dikuasai Taliban

Sebelumnya, Taliban mengambil alih ibu kota Afghanistan pada 15 Agustus 2021 setelah AS menarik pasukannya. Pada 30 Agustus, Pentagon mengumumkan selesainya penarikan pasukan AS dari Afghanistan dan akhir dari misi 20 tahunnya.

Bandara di Kabul, tempat evakuasi orang asing dan sekutu dilakukan, berada di bawah kendali penuh Taliban. Setelah Afghanistan diambil alih, masyarakat internasional ragu-ragu untuk menjalin hubungan dengan Taliban.

Sebagian besar negara Barat memang menjaga komunikasi dengan kelompok mereka, terutama mengenai evakuasi.

Axel Joshua Halomoan Raja Harianja
Axel Joshua Halomoan Raja Harianja

Axel joined Limapagi.id since March 2021. Axel has duties as a reporter and assistant editor.

At Limapagi.id, Axel focuses on handling national issues, especially law issues.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.