Ini Kata Musisi Milenial soal Eksistensi Musik Keroncong

LIMAPAGI - Di industri musik terdapat beberapa aliran atau genre yang berbeda. Misalnya di Indonesia terdapat salah satu aliran musik yang terkenal yaitu keroncong.

Musik  keroncong merupakan salah satu aliran khas dari Indonesia. Tak hanya diminati oleh para penyanyi senior ternyata saat ini keroncong juga diminati oleh deretan penyanyi milenial.

Baca Juga: Isyana Sarasvati Alami Cedera di Tangan, Akui Takut Tak Bisa Bermusik Lagi

Seperti beberapa bintang tamu yang hadir dalam program Music Buat Elo yang disiarkan di RCTI+. Pada episode tersebut mereka mengundang 3 musisi yang tertarik dengan keroncong, yaitu Ghea Indrawari, Sisca JKT48 dan James Adam.

Berbeda dengan Ghea dan Sisca yang terkenal dengan keindahan suaranya. James Adam merupakan seorang produser musik beraliran keroncong yang sempat viral akibat video aransemen ulang lagu Rizky Febian yang berjudul Cuek dengan sentuhan keroncong.

James Adam menceritakan awalnya dirinya terjun ke dunia keroncong hanya coba-coba. Ternyata setelah Ia mencari tahu hanya sedikit orang yang membuat video cover lagu keroncong. Sehingga Ia memfokuskan untuk mengaransemen lagu ke keroncong.

“Awal mulanya kita juga cuman coba-coba sih. Terus setelah ditelusuri, memang sedikit orang-orang yang mengcover lagu kroncong ini. Yang mana, saingannya nggak banyak untuk kita. Makanya kita coba aliran kroncong ini dengan sentuhan pop di dalamnya.” Jelas James.

Bagi Ghea Indrawari, musik keroncong merupakan salah satu ciri khas Indonesia. Sehingga dengan membawakan keroncong dengan sentuhan milenial membuat dirinya senang dan belajar akan kebudayaan Indonesia.

“Sudah pasti keroncong itu Indonesia, dan seneng banget ketika tahu ada anak muda yang bawain keroncong , jadi anak jaman sekarang bisa belajar bahwa keroncong kebudayaan Indonesia itu ada” jelas Ghea.

Semantara bagi Siaca JKT48, aliran keroncong seperti sebuah aliran magis. Sebelumnya Ia juga pernah berkolaborasi dengan James Adam membawakan lagu Fortune Cookie dengan sentuhan keroncong.

Baca Juga: Tak Hanya Jago Main Bulutangkis, Greysia Polii Pandai Main Alat Musik

“Kalau aku denger tuh magis, sebelumnya Sisca juga pernah diajak kolaborasi bareng James Adam menyanyikan Fortune Cookie lagu Jepang Pop dibawakan ala keroncong, bahwa anak-anak muda gak menolak musik-musik dari Indonesia,” kata Sisca.

Sebagai musisi milenial James Adam mengungkapkan bahwa dalam membuat lagu keroncong saat ini perlu diberikan sedikit sentuhan aliran pop. Hal ini perlu dilakukan agar musik tersebut agar bisa diterima banyak khalayak. 
 

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.