Aturan Bebas Masker bagi Orang yang Sudah Vaksin

LIMAPAGI - Salah satu cara untuk menekan laju angka Covid-19 di dunia adalah dengan menggunakan vaksin. Sebagian besar negara menargetkan seluruh warganya untuk menerima vaksinasi.

Tetapi sayangnya, banyak warga yang beranggapan bahwa ketika seseorang telah mendapatkan vaksin Covid-19 tidak lagi perlu menggunakan masker. Seperti halnya warga yang terdapat di wilayah Cape Cod, Amerika Serikat.

Baca Juga: Sudah Bebas Masker, Begini Cara Penanganan Corona di 4 Negara Tersebut!

Sebagian besar warga dan pengunjung pantai Cape Cod diketahui telah menerima vaksinasi. Dengan begitu mereka telah banyak yang menanggalkan masker dalam kewajiban selama berada di ruang publik.

Namun kabarnya, terdapat wabah besar kasus Covid-19 di antara pengunjung pantai yang divaksinasi di Cape Cod, Massachusetts, selama musim liburan di bulan Juli.

Melansir dari Buzzfeed, Sabtu 31 Juli 2021 mengacu pada data CDC menyebutkan bahwa sebagian besar kasus yang terjadi di Cape Cod disebabkan oleh Covid-19 Varian Delta.

Dengan begitu, wabah varian Delta pada pengunjung pantai yang divaksinasi di Cape Cod adalah penemuan penting yang mengarah pada peraturan baru penggunaan masker oleh kepala CDC Rochelle Walensky.

Peraturan terbaru CDC ini berisikan rekomendasi tentang bahwa orang yang divaksinasi di daerah berisiko tinggi harus tetap menggunakan masker di ruang publik atau di dalam ruangan. Peraturan ini didorong oleh data baru yang menunjukkan bahwa orang yang divaksinasi memiliki kemungkinan untuk terpapar varian Delta dan mereka dapat menyebarkannya.

Peraturan yang saat ini direkomendasikan oleh CDC adalah kebalikan dari sebagian peraturan yang disebarkan oleh perusahaan nirlaba yang banyak mengatakan bahwa orang yang divaksinasi tidak perlu lagi memakai masker.

Kemudian temuan baru yang dirilis oleh CDC menemukan bahwa individu yang divaksinasi lalu mereka terinfeksi virus corona jenis Delta, dipercaya dapat membawa virus tingkat tinggi yang mungkin dapat menularkan kepada orang yang belum divaksinasi.

Baca Juga: Aturan Baru DKI, Pedagang dan Pengunjung Warteg Harus Sudah Divaksin Covid-19

Dengan begitu, temuan baru ini menunjukkan bahwa orang yang divaksinasi di daerah dengan tingkat infeksi yang tinggi harus lebih berhati-hati. Tetapi risiko sebenarnya tetap ada pada orang yang belum divaksinasi, kata para ahli. Orang yang belum divaksinasi lebih mungkin terinfeksi oleh varian Delta.

Gea Yustika
Gea Yustika

Gea yustika is a reporter Lifestyle Channel at Limapagi, focusing on Fashion and Beauty.

Education: Major of Communication Studies at Sultan Ageng Tirtayasa University.

She has experience in the media industry. Started from being a content writer and a journalist. Not only focusing on Lifestyle or content writing, but she also has experience in data journalism.

She started her career as a content writer Lifestyle Channel at Kumparan. She also had a career at Tempo.co and Journocoders Indonesia.

 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.