Polda Metro Jaya Ancam Sanksi Panitia Reuni Aksi 212 di Jakarta

LIMAPAGI - Massa Reuni Aksi 212 tetap bergerak menuju kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, meski Polda Metro Jaya tidak menerbitkan izin dan melarang kegiatan tersebut dihelat pada Kamis, 2 Desember 2021.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan menegaskan, sanksi pidana akan dikenakan kepada pihak yang tetap nekat melakukan aksi. Termasuk pihak yang menghasut massa untuk mengikuti Reuni Aksi 212.

"Terlebih steering commite, panitia pelaksana penanggungjawab yang mengarahkan massa ke sana itu pasti mereka lebih bertanggungjawab," tegas Zulpan, dalam keterangannya, Kamis, 2 Desember 2021.

Baca Juga: Massa Reuni 212 Mulai Datang, Tertahan Kawat Duri Tak Bisa ke Patung Kuda

Zulpan lantas meminta agar seluruh pihak dapat menaati aturan yang telah ditetapkan pemerintah melalui Satgas Covid-19 serta kepolisian.

"Kalau ada yang masuk (mengarah ke Patung Kuda), bukan hanya steering commite ya, tapi semua orang yang terlibat akan dikenai sanksi pidana," lanjutnya.

Baca Juga: Polisi Sebut Tidak Ada Pengamanan Khusus Terkait Reuni Aksi 212 di Jakarta

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menegaskan tidak akan memberikan izin penyelenggaraan Reuni Aksi 212 di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat. Tidak diterbitkannya izin helatan itu sesuai dengan rekomendasi yang dikeluarkan Satgas Covid-19 DKI.

"Ini juga sejalan dengan rekomendasi yang dikeluarkan Satgas Covid-19 DKI, yang sudah mengeluarkan rekomendasi bahwa tidak merekomendasikan kegiatan tersebut," kata Zulpan, Rabu, 1 Desember 2021.

Baca Juga: Az Zikra Sentul Tolak Dijadikan Lokasi Reuni Aksi 212, Ini Alasannya

Reuni Aksi 212 juga direncanakan digelar hari ini di Masjid Az Zikra, Sentul, Kabupaten Bogor. Namun, pihak Yayasan Az Zikra menolak tempatnya dijadikan lokasi Reuni Aksi 212 lantaran keluarga besar masih dalam situasi berduka.

Ustaz Muhammad Ameer Adz Zikro, putra kedua dari almarhum pendakwah Muhamamad Arifin lham, diketahui baru saja wafat pada 29 November 2021.

"Untuk sementara waktu Majelis Az Zikra tidak menerima kegiatan apapun yang diadakan oleh Pihak Eksternal," demikian surat pemberitahuan dari Yayasan Az Zikra yang diterima redaksi Limapagi, Rabu, 1 Desember 2021.

KABAR LAINNYA