Sosok Sariamin Ismail Jadi Inspirasi Google Doodle

LIMAPAGI - Saat membuka laman utama Google, Sabtu (31/7/2021) pengguna akan menjumpai Doodle menarik. Laman awal mesin pencarian ini, menampilkan ilustrasi seorang penulis Indonesia bernama Sariamin Ismail.

Google Doodle tersebut merupakan peringatan hari ulang tahun Sariamin Ismail ke-112. Ia lahir di Talu, Talamau, Pasaman Barat, Sumatra Barat, 31 Juli 1909 dan tercatat sebagai penulis novel perempuan pertama di Indonesia.

Baca Juga: Belanja Online Bisa via Twitter, Sudah Tahu Belum?

Penelusuran Limapagi, Sabtu, 31 Juli 2021, sosok Sariamin Ismail mulai menekuni dunia puisi sejak usia 10 tahun. Lalu pada usia 16 tahun, tulisannya terbit di beberapa surat kabar lokal.

Selama menjadi penulis aktif, ia menggunakan nama samaran sebagai Selasih dan Seleguri atau gabungan keduanya menjadi Selasih Seleguri. Nama samaran tersebut digunakan untuk menghindari penganiayaan dari otoritas lokal pasa masa 'suara' perempuan Indonesia dibatasi.

Ismail menulis novel pertamanya berjudul ”Kalau Tak Untung" berdasarkan pengalaman kehidupan nyata tentang romansa yang serba salah. Novel tersebut dirilis pada 1933 dengan nama samaran penulis, Selasih.

Perilisan tersebut mencatat sejarah sebagai novel pertama yang ditulis oleh seorang wanita Indonesia. Buku ini menggambarkan penolakan terhadap tradisi Indonesia yang dianut secara luas, seperti perjodohan.

Sementara itu, melansir dari Google Doodle, novel pertama Ismail tersebut cukup kontroversial dan menjadi ciri khas dari semua karyanya di sepanjang kariernya.

Baca Juga: Peniliti Temukan Katak Jenis Baru di Dataran Rendah Pulau Jawa

Pada 1937, Ismail menjadi wartawan dan penulis di Soeara Kaoem Iboe Soematra (SKIS) majalah kaum perempuan yang mengutuk pologami serta menekankan pentingnya hubungan keluarga.

Selain itu, setelah lulus SMA, Ismail juga sempat menjadi guru hingga akhir 1960-an dan menulis hingga pertengahan tahun 90-an. Sariamin Ismail tutup usia pada 15 Desember 1995 saat usianya 86 tahun dengan meninggalkan banyak antologi puisi, novel, dan cerita anak-anak.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.