Kominfo Blokir Konten 'Aku Bukan Homo' yang Muncul di Iklan YouTube Kids

LIMAPAGI - Sebuah video berisi informasi Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender (LGBT) berjudul "Andai Aku Homo" muncul sebagai iklan di konten video musik anak-anak di platform YouTube Kids.

Video tersebut berisi penjelasan bagaimana jika seseorang menjadi seorang pria penyuka sesama jenis.

Baca Juga: Apple Event Malam Ini bakal Ungkap iPhone 13?

Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Dedy Permadi menyatakan bahwa Kominfo menindak tegas konten pelanggaran norma tersebut.

“Video iklan ‘Aku Bukan Homo’ (di YouTube Kids) telah diputus aksesnya, itu melanggar peraturan yang ada,” ujarnya kepada Limapagi.id.

Selain itu, ia juga menyarankan masyarakat Indonesia untuk melaporkan konten-konten di internet yang melanggar norma dan aturan ke wadah yang sudah disediakan Kominfo.

“Jika masyarakat menemukan konten yang melanggar ketentuan berlaku, bisa melaporkannya melalui aduankonten@kominfo.go.id atau kanal aduan lain yang kami sediakan," ungkapnya.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi Disebut-sebut Bikinan Singapura, Ini Tanggapan Kominfo

Sebagai informasi, video berjudul Sindu - Aku Bukan Homo Official Music Video (18+) tersebut diunggah oleh akun Sinduatiga. Ini adalah akun YouTube yang baru bergabung pada 9 September 2021.

Pantauan Limapagi.id, Selasa (14/9/2021) akun itu hanya memiliki satu video yang dipermasalahkan tersebut. Video ‘Aku Bukan Homo’ diunggah pada hari yang sama saat akun Sinduatiga dibuat. Setelah ditindak Kominfo, akun tersebut tidak memiliki unggahan apapun. 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.