Gedung KPK Ditembak Laser Bertuliskan 'Berani Jujur Pecat', Kenapa?

LIMAPAGI - Sejumlah aktivis antikorupsi yang tergabung dalam gerakan #BersihkanIndonesia melancarkan aksi tembak laser dengan beragam tulisan ke Gedung Merah Putih Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan, Senin malam, 28 Juni 2021.

Pantauan Limapagi dari live Instagram akun Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI), @walhi.nasional, terlihat laser yang ditembakan bertuliskan 'Save KPK', 'Mosi Tidak Percaya' hingga 'Berani Jujur Pecat'.

Aksi tersebut merupakan respons aktivis gerakan #BersihkanIndonesia terhadap upaya-upaya pelemahan KPK. "Ini bentuk prihatin atas upaya-upaya pelemahan KPK di negeri yang kasus korupsinya masih sangat tinggi," ucap aktivis WALHI yang merekam live Instagram.

Aktivis WALHI itu mengatakan, aksi ini bentuk kreativitas tanpa berkerumun di masa pandemi Covid-19, sekaligus menghindari risiko terpapar virus corona. Sejumlah aktivis dengan alat laser mengelilingi gedung KPK dari kejauhan untuk menembakkan tulisan.

Saat aksi berlangsung, tampak polisi yang berjaga-jaga di sekitar Gedung KPK. Mereka mencari sumber tembakan laser untuk menghentikan aksi.

"Banyak aparat keamanan yang bingung karena mencari lokasi dari keluarnya tulisan tersebut. Kawan-kawan yang menembak laser kucing-kucingan dengan aparat keamanan," katanya.

Mereka yang terlibat dalam aksi gerakan #BersihkanIndonesia ini aladah WALHI, Indonesia Corruption Watch (ICW), Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), hingga elemen mahasiswa.

"Indonesia sedang tidak baik-baik saja karena oligarki tunggangi demokrasi dan korupsi dipertuankan. Bukan hanya soal TWK, tapi dalih tersebut berdampak pada penuntasan perkara rasuah yang kini mangkrak," kutip Limapagi dari akun Instagram @bersihkanindonesia.
 

KABAR LAINNYA

Discussion about this post