TikTok Kalahkan Rata-rata Waktu Menonton YouTube

LIMAPAGI – Aplikasi TikTok kalahkan rata-rata waktu menonton YouTube pada pengguna di AS dan Inggris, berdasarkan laporan yang dirilis oleh perusahaan analis App Annie.

TikTok dianggap telah “memperbaiki streaming dan lanskap sosial”. Dengan demikian TikTok menduduki peringkat pertama dalam hal unduhan aplikasi di seluruh dunia pada paruh pertama 2021.

Baca Juga: Penasaran dengan Fitur Baru YouTube? Begini Cara Mencobanya

Pertumbuhan ini terjadi meskipun larangan terhadap TikTok terjadi di India, yang merupakan pasar terbesar aplikasi tersebut.

Laporan App Annie menunjukkan bahwa waktu menonton rata-rata per pengguna di AS yang mengakses TikTok hampir sembilan persen lebih banyak dari YouTube. Sedangkan di Inggris, kesenjangan pada persentase lebih terlihat, yakni dengan rata-rata waktu menonton pengguna di TikTok 64 persen lebih banyak dari Youtube. Namun, laporan ini hanya didasarkan pada konsumsi pengguna Android saja.

Aplikasi video pendek ini pertama kali berhasil melampaui YouTube di Inggris pada Mei 2020 dan terus memimpin sejak itu. Sementara di AS, TikTok dan YouTube telah bertukar posisi teratas sejak Agustus tahun lalu.

Meskipun TikTok sedang berada di atas awan, namun di saat yang sama YouTube berhasil mempertahankan dominasi waktu menonton secara keseluruhan pada perangkat Android secara global.

App Annie mengungkapkan bahwa YouTube terus memimpin dalam hal streaming, sosial, serta foto dan video karena jangkauannya yang lebih dalam dan lebih luas.

Fitur streaming menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan angka pada rata-rata waktu yang dihabiskan di YouTube.

Baca Juga: YouTube bakal Wajibkan Pengguna Gunakan Fitur Verifikasi Dua Langkah

Dalam laporannya, App Annie juga mencatat bahwa perolehan TikTok atas YouTube “dapat mengguncang peringkat di tahun-tahun mendatang”. Hal ini terjadi karena saat ini orang-orang lebih suka menghabiskan waktu untuk konten video pendek.

Saat ini, YouTube telah berusaha menyaingi TikTok melalui fitur Shorts, yakni fitur video berdurasi singkat yang diluncurkan pada beberapa bulan terakhir.

KABAR LAINNYA

Discussion about this post

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.