Kemiskinan Ekstrem 2021, Wapres Sebut Bantuan Uang Tunai akan Ditambah

LIMAPAGI - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin sedang melakukan kunjungan kerja ke Indonesia Timur. Kunker ini dalam rangka 'Percepatan Penanggulangan Kemiskinan Ekstrem di Provinsi Prioritas Tahun 2021'.

Saat berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur, Minggu, 17 Oktober 2021, Ma'ruf mengungkapkan akan menambah bantuan untuk mengurangi kemiskinan ekstrem. Bantuan tersebut berbentuk uang tunai.

“Karena [waktunya di tahun 2021] tinggal tiga bulan maka kita tambahkan bantuan uang tunai untuk mempercepat. Hasilnya nanti akan kita evaluasi di akhir tahun," kata Ma'ruf dalam keterangan tertulis Sekretariat Wakil Presiden, Minggu, 17 Oktober 2021.

MA'ruf menyampaikan saat ini pemerintah telah menetapkan tujuh provinsi prioritas dan 35 kabupaten dalam daftar program prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem 2021. Penetapan wilayah ini berdasarkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Badan Pusat Statistik (BPS) 2020.

Baca Juga: Gandeng 5.140 Mahasiswa, Mensos Risma Ajak Cari Solusi Atasi Kemiskinan

Setelah penetapan wilayah prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem 2021, Ma'ruf mengatakan akan melakukan dua langkah konkret di setiap lokasi.

“Pertama, perlindungan sosial, memberi bansos-bansos, sembako dan sebagainya. Yang kedua adalah pemberdayaan, ya, melalui pemberdayaan ekonomi masyarakat. Dua ini untuk menaikkan daripada kemiskinan ekstrem ini supaya lepas dari kemiskinan ekstrem,” ujar Ma'ruf.

Baca Juga: Ma'ruf Amin: Pemerintah Targetkan Kemiskinan Ekstrem Hilang di Akhir 2024

Ma'ruf mengaku optimistis dengan target nol persen kemiskinan ekstrem pada tahun 2024. Menurutnya, dengan upaya yang konsisten maka hasil yang diharapkan akan tercapai secara bertahap. Termasuk target utama dan berlanjut ke penanganan kemiskinan secara umum ke depannya.

“Ini nanti apakah tercapai apakah tidak, ya paling tidak kita harapkan bahwa dia [lokasi prioritas] sudah mendekati [target]. Sehingga di 2022, di lima kabupaten [di Nusa Tenggara Timur] ini sudah fokus pada penurunan kemiskinannya yang masing-masing kabupaten. Itu strateginya,” tutur Ma'ruf.

&

KABAR LAINNYA

Discussion about this post