Jakarta – TikTok Shop secara resmi telah mengumumkan kemitraannya dengan PT Tokopedia pada Senin (11/12) setelah beberapa bulan lalu ditutup. Dengan kerjasama tersebut, TikTok Shop akan segera kembali beroperasi di bawah naungan PT Tokopedia.
Hal ini pun mendapat apresiasi dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno yang disampaikan dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Senin (11/12).
Menparekraf berharap dengan kembalinya TikTok shop ini dapat memberikan dampak positif bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) nasional.
“Kami mengapresiasi gerak cepat dari TikTok dan GoTo untuk menyesuaikan dengan regulasi pemerintah, dan kami berharap dampaknya terhadap UMKM akan positif paling tidak dari segi penyampaian hasil-hasil penjualan dari TikTok shop yang harus berhenti, karena regulasi pemerintah,” ujar Sandi.
Dengan adanya kesepakatan antara pihak-pihak terkait yakni PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk dan TikTok, Sandi menuturkan bahwa pemerintah tentunya memfasilitasi berjalannya bisnis ini
“Kesepakatan antara TikTok dan GoTo, tentunya pemerintah memfasilitasi karena GoTo melalui Tokopedia telah memiliki lisensi e-commerce dan TikTok Shop bisa beroperasi kembali di tanah air,” tambah Sandi.
Adapun lebih lanjut, kemitraan strategis ini juga akan diawali dengan periode uji coba yang dilaksanakan dengan konsultasi dan pengawasan dari kementerian serta lembaga terkait. Program yang akan diluncurkan di masa uji coba itu adalah kampanye Beli Lokal dimulai pada 12 Desember 2023 atau biasa disebut 12.12 bertepatan dengan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas).