Bekasi – Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 3, Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memajukan industri kreatif nasional, salah satu di antaranya adalah mengembangkan kreativitas Esports (olahraga elektronik) sebagai lokomotif baru pemanfaatan ekosistem digital.
Selain itu, kreativitas Esports juga mendorong pertumbuhan creative hub seiring makin meluasnya koneksi internet hingga ke perdesaan.
“Saya yakin, Esports dan olahraga pada umumnya akan menjadi lokomotif baru dalam pemanfaatan ekosistem digital. Banyak anak-anak kreatif, ada juga yang menyukai dunia dunia digital. Ini menjadi refleksi bagi kita, agar kelak di kemudian hari, anak-anak muda mempunyai ruang yang lebih banyak untuk berkreasi,” kata Ganjar saat menghadiri Tournament Mobile Legend dan Basket 3 on 3 Piala Ganjar-Mahfud di GOR Basket Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (16/12/2023).
Ganjar menjelaskan, Esports saat ini berkembang pesat di Indonesia dan membuka lapangan kerja baru di sektor digital. Disebutkan, Ganjar-Mahfud secara khusus telah membentuk Tim Pemenangan Muda yang bertugas untuk menampung talenta dan harapan anak-anak muda.
Selain itu, pasangan Ganjar-Mahfud juga berkomitmen untuk memperluas cakupan koneksi internet sampai ke pelosok perdesaan agar seluruh rakyat dapat menikmati jaringan internet sehingga persaingan bukan hanya terjadi antar orang dari satu daerah, tetapi dengan penduduk dunia.
“Kami telah berkomitmen untuk menyediakan akses internet gratis sampai ke pelosok desa untuk mendukung program pendidikan dan meningkatkan keterampilan generasi muda,” jelas dia.
Ganjar-Mahfud juga secara konsisten mendukung berkembangnya sarana olahraga, ruang berkesenian, dan ruang kreatif lainnya agar ekspresi anak muda bisa ditampilkan serta dinikmati berbagai kalangan.
“Maka dari itu, diperlukan lebih banyak lagi creative hub di berbagai tempat hingga ke ujung Indonesia. Ini akan membuat anak-anak muda kita mendapatkan tempat berkreasi dan menunjukkan bakat-bakatnya,” kata Ganjar.
Seperti diberitakan, pasangan Ganjar-Mahfud memiliki Program Cepat Kerja, yang akan menciptakan 17 juta lapangan kerja baru secara berkala dalam waktu 5 tahun di seluruh Indonesia.
“Program Cepat Kerja akan mendorong r semua rakyat cepat mendapat pekerjaan dan menjadi produktif, sehingga pengangguran berkurang,” katanya.
Dikatakan, di Indonesia industri Esports dari sisi bisnis berkembang signifikan, baik melalui dukungan sponsor maupun kesempatan berkarier.
“Sejumlah instansi pendidikan sudah mulai memasukkan Esports ke dalam kurikulum maupun kegiatan ekstra kurikuler. Kami yakin industri ini akan berkembang pesat seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi,” ucapnya.